Minggu, 02 Maret 2014

Tunjuk Badrodin, Sutarman Bak Jilat Ludah Sendiri

TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti dari Pusat Kajian Antikorupsi Universitas Gajah Mada, Hifdil Alim, mempertanyakan keputusan Kepala Polri, Sutarman, yang menunjuk Komisaris Jenderal Badrodin Haiti sebagai wakilnya. "Jangan-jangan Sutarman menjilat ludah sendiri," kata Hifdil saat dihubungi Tempo, Sabtu, 1 Maret 2014. 

Menurut Hifdil, Badrodin, yang sebelumnya menjabat Kepala Badan Pemeliharaan dan Keamanan, tak layak mendampingi Sutarman. Pada 2010, namanya pernah disebut sebagai salah satu perwira polisi yang memiliki rekening gendut. Ketimbang memilih Badrodin menjadi wakilnya, Sutarman seharusnya mengusut tuntas dugaan kepemilikan rekening  gendut komisaris jenderal itu.
Majalah Tempo pernah mengungkap pembelian polis asuransi Rp 1,1 miliar di PT Pudential Life Assurance oleh Badrodin. Pembelian ini janggal lantaran dananya berasal dari pihak ketiga. Badrodin pun tercatat pernah menarik duit Rp 700 juta dan menerima transfer rutin Rp 50 juta saban bulan. Badrodin sudah membantah tudingan itu.
Penunjukan Badrodin juga bertentangan dengan komitmen Sutarman saat dipilih menjadi Kepala Polri. Saat itu Sutarman berjanji menegakkan integritas dan wibawa Kepolisian RI. Dia juga akan membebaskan institusi kepolisian dari praktek korupsi. "Salah satu kegagalan pemberantasan korupsi adalah menempatkan orang yang salah di posisi yang besar," kata Hifdil.
Hifdil merasa heran dengan pernyataan Sutarman yang menyebut Badrodin adalah jenderal terbaik. Menurut dia, pernyataan tersebut justru menimbulkan sentimen negatif dari publik. "Apakah tak ada yang lebih baik, yang tak terlibat kasus? Kalau dia yang terbaik, bisa dibayangkan bagaimana buruknya institusi kepolisian ini."
Pada Jumat, 28 Februari 2014, Sutarman menunjuk Badrodin sebagai wakilnya. Ia menggantikan Komisaris Jenderal Oegroseno yang akan pensiun. Sutarman mengklaim Badrodin merupakan perwira tinggi Polri terbaik. Sutarman menyatakan kepolisian sudah memberikan klarifikasi dan tak menemukan bukti bahwa Badrodin memiliki rekening gendut. »Jadi, tidak ada masalah,” kata Sutarman.
IRA GUSLINA SUFA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar