Kamis, 17 April 2014

Amien Rais Usulkan Pembentukan Koalisi Indonesia Raya

Jakarta (Antara) - Ketua Majelis Pertimbangan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengusulkan pembentukan Koalisi Indonesia Raya yang merupakan gabungan antara partai Islam dan nasionalis untuk menyelesaikan masalah bangsa.
"Koalisi poros tengah terlalu sempit. Saya mengusulkan istilah Koalisi Indonesia Raya, karena gabungan partai Islam tidak akan mampu memikul masalah bangsa ini seorang diri, sehingga butuh partisipasi partai nasionalis," kata Amien Rais saat menghadiri pertemuan tokoh ormas dan pemimpin partai Islam di Cikini, Jakarta, Kamis.
Amien tidak menjelaskan partai nasionalis mana yang kira-kira dapat diajak bergabung dengan partai-partai Islam. Dia hanya berpesan agar pertemuan ormas dan pimpinan parpol Islam tersebut tidak berpandangan sempit dengan membayangkan bahwa poros partai Islam bisa memikul semua beban bangsa.
Sementara pertemuan itu sendiri, menurut Ketua Pelaksana Koalisi Politik Islam Ust. Bachtiar Nasir, sengaja dimaksudkan untuk menggabungkan seluruh partai Islam dalam sebuah koalisi besar.
Bachtiar mengklaim saat ini berkembang aspirasi arus bawah suara umat Islam yang menginginkan partai Islam bersatu memilih calon presiden dan calon wakil presidennya sendiri.
Bachtiar membantah bahwa pertemuan yang hanya mengundang tokoh dan parpol Islam itu bernuansa sektarian. Menurutnya, wajar jika partai Islam akan membentuk koalisi sendiri, karena mayoritas penduduk di Indonesia beragama Islam.
"Lagipula bisa dilihat bahwa umat Islam itu di seluruh dunia cukup toleran," kata Bachtiar.(tp)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar