Kamis, 17 April 2014

Harta Sekretaris MA Nurhadi Rp 33 M, Wajarkah?

TEMPO.CO, Jakarta - Sekretaris Mahkamah Agung Nurhadi memiliki kekayaan Rp 33.417.646.000. Menurut pengumuman harta kekayaan penyelenggara negara yang dilihat di laman resmi Komisi Pemberantasan Korupsi, Acch.kpk.go.id, Nurhadi melaporkan kekayaannya itu kepada KPK pada 7 November 2012. (Baca: KPK Nilai Kekayaan Sekretaris MA Tak Wajar)


Sumber kekayaan Nurhadi yang paling besar adalah dari harta bergerak, yaitu Rp 11,2 miliar. Batu mulia yang dia peroleh sejak 1998 memiliki nilai jual hingga Rp 8,6 miliar. Sisanya, barang seni antik hingga logam mulia.

Nurhadi memiliki aset tanah dan bangunan Rp 7,3 miliar. Dia memiliki 2 aset tanah dan bangunan di Jakarta Selatan, 4 aset di Malang, 5 aset di Kudus, 2 aset di Mojokerto, 2 aset di Kediri, dan 1 aset di Tulungagung. (Baca: Nurhadi Belum Lengkapi Laporan Harta Kekayaannya)

Nurhadi melaporkan empat mobil miliknya, yaitu Jaguar, Lexus, Mini Cooper, dan Toyota Camry. Mobil paling mahal dari empat itu adalah Lexus seharga Rp Rp 1,9 miliar. Aset giro setara kas yang dimiliki Nurhadi juga memiliki nilai besar, yaitu Rp 10.775.000.000.

Sebelumnya, Ketua KPK Abraham Samad menyindir gaya hidup hedonisme Nurhadi. Menurut Abraham, gaya hidup Nurhadi yang mewah dekat dengan perilaku korupsi. "Kemewahan, kehidupan yang hedonis, tamak, itu cikal bakal perilaku korup. Maka, sebaiknya penyelenggara negara tak hidup berlebihan," kata Abraham di gedung kantornya, Rabu, 19 Maret 2014. Abraham tak membantah lembaganya mencurigai asal usul kekayaan Nurhadi.
Pada November 2012, Abraham juga mengatakan, jika dilihat dari gaji yang diterima, kekayaan yang dimiliki oleh Nurhadi memang tak wajar. Namun Abraham tidak mau bersyak wasangka karena bisa jadi Nurhadi memiliki harta kekayaan warisan nenek moyang. "Pasti tak lazim kalau dilihat dari gaji," kata Abraham di gedung Badan Pemeriksa Keuangan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Jumat, 2 November 2012.
Nama Nurhadi mencuat setelah dia menyelenggarakan pernikahan mewah untuk anaknya pada Sabtu malam, 15 Maret 2014. Nurhadi mengelar resepsi pernikahan anaknya, Rizki Aulia Rahmi, dengan Rizki Wibowo di Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat, yang terkesan mewah. Acara itu diperkirakan dihadiri 4.400 tamu, antara lain hakim agung, politikus, pejabat, dan pengusaha. (Baca: Soal iPod Suvenir, Hakim Agung Kompak Bela Nurhadi)
Tuan rumah menyediakan sekitar 3.000 iPod Shuffle berkapasitas 2 gigabita yang dibungkus dalam kotak cokelat sebagai suvenir untuk undangan. Di pasaran, iPod jenis tersebut dijual Rp 700 ribu per unit. Pesta ini disorot karena Nurhadi, yang berstatus pegawai negeri, menyelenggarakan pesta pernikahan anaknya secara mewah.
MUHAMAD RIZKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar