Minggu, 14 September 2014

Aksi Dukung Pilkada Langsung Digelar Serentak di Lima Kota

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejumlah LSM tergabung dalam Koalisi Kawal RUU Pilkada menggelar aksi penggalangan dukungan pemilihan kepala daerah (pilkada) langsung, serentak di lima kota besar Indonesia pada Minggu (14/9/2014) pagi.

LSM yang terdiri dari ICW, Perludem, JPPR dan KPP Indonesia menggelar aksi tersebut menyusul beberapa fraksi partai politik di DPR RI pembuat RUU Pilkada, menginginkan proses pilkada dilakukan melalui pemilihan di DPRD. Proses ala Orde Baru tersebut dinilai mengancam demokrasi di Indonesia. Rencananya, DPR akan mengesahkan RUU Pilkada pada 25 September 2014.
Aksi dukungan pilkada langsung di Jakarta dan Bandung digelar di tengah kegiatan ribuan warga yang mengikuti Car Free Day di Bundaran HI dan Jalan Dago.
Di Banda Aceh, aksi dukungan pilkada langsung digelar di lapangan Blang Padang.
Sementara, aksi di Makassar digelar di pantai Losari dan aksi di Semarang digelar di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah, Jalan Pahlawan.
Dalam rilis yang dilansir Indonesia Corruption Watch (ICW), aksi ini merupakan kelanjutan penggalangan dukungan warga melalui petisi di Change.org/DukungPilkadaLangsung. Sejauh ini, sudah puluhan ribu warga menyatakan penolakan terhadap proses pilkada melalui DPRD.
"Mari perjuangkan suara rakyat yang hendak dibungkam oleh kepentingan elit politik," tulis ICW.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar