Rabu, 25 Juni 2014

Miliki 69 juta pengguna di Indonesia, Facebook luncurkan pelacak pemilu

Pemilu presiden akan dimulai dua minggu lagi. Dan sadar akan pentingnya momen ini di Indonesia, Facebook meluncurkan sebuah pelacak pemilu bernama Facebook Suara Indonesia untuk negara yang merupakan salah satu pengguna Facebook terbanyak di dunia ini.

Pelacak pemilu ini bisa memantau siapa calon presiden yang paling populer berdasarkan jumlah mention yang di-post di Facebook. Pengguna juga bisa memeriksa popularitas masing-masing calon tersebut berdasarkan waktu dan posisi geografis. Sayangnya, pelacak ini tidak membedakan apakah post yang dilacak positif atau negatif.
(Baca juga: Pilih Jokowi-JK atau Prabowo Hatta? Cari informasi mengenai kedua peserta pemilu presiden 2014 melalui aplikasi-aplikasi ini)
Menurut kepala Facebook Indonesia Anand Tilak, negara ini sekarang memiliki lebih dari 69 juta orang pengguna Facebook aktif bulanan. Pelacak ini dikembangkan bersama dengan agensi digital Bubu, yang yakin bahwa 70 persen percakapan mengenai pemilu di Indonesia terjadi di Facebook.
Indonesia juga merupakan pengguna berat Twitter. Awal bulan ini Twitter mengatakan bahwa Indonesia sejauh ini mengirimkan 42 juta tweet yang berhubungan dengan pemilu.
Facebook juga meluncurkan sebuah pelacak pemilu menjelang pemilu di India bulan Maret lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar