Senin, 24 Maret 2014

Jokowi Masuk 50 Pemimpin Terhebat Versi Fortune

TEMPO.CO, Amerika Serikat:Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo masuk ke dalam daftar 50 pemimpin hebat dunia versi majalah Fortune edisi 7 April 2014. Pria yang akrab disapa Jokowi itu menempati urutan ke-37.

Jokowi masuk ke dalam daftar tersebut karena kiprahnya dalam memimpin Solo, Jawa Tengah  sebagai wali kota dan Jakarta sebagai gubernur. Di kedua kota itu, Jokowi dinilai telah banyak melakukan perubahan, mulai dari tata ruang kota hingga persoalan korupsi.
"Jokowi, begitu dia dikenal, membersihkan kota dan membersihkan korupsi. Ini menggetarkan masyarakat Indonesia yang lelah dengan status quo," demikian tulis majalah itu. (Baca: Siapa Gencar Melobi Jokowi di Kursi Nomor Dua)
Karena itu, popularitas Jokowi terus menanjak tajam. "Kini dia menjadi favorit untuk pemilihan presiden pada Juli 2014."  Jokowi diusung PDI Perjuangan sebagai calon presiden dalam pertarungan pemilihan presiden 2014. (Baca: Jokowi Belum Pikirkan Calon Wakilnya)
Jokowi pun bersanding dengan tokoh besar dunia lainnya di dalam daftar tersebut, seperti pemimpin gereja Katholik, Paus Francis, dan Kanselir Jerman, Angela Merkel. Paus Francis menempati urutan pertama, sementara Merkel di tempat kedua.
Tak hanya itu, Jokowi juga setara dengan Mantan Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan tokoh reformasi dari Myanmar Aung San Suu Kyi. Lalu juga masih ada pemimpin spiritual Tibet, Dalai Lama, yang berada di posisi ke-10.
Sebelumnya, Jokowi juga masuk dalam daftar 25 wali kota terbaik di dunia berdasarkan publikasi The City Mayors Foundation, London, Inggris. Dia juga pernah terpilih sebagai peringkat ketiga wali kota terbaik dunia oleh situs worldmayor.com. pada 2012 lalu. 
SINGGIH SOARES

Tidak ada komentar:

Posting Komentar