Kamis, 28 Agustus 2014

Redmi 1S Tandai Resminya Xiaomi Masuk Indonesia

Ponsel pintar asal Cina, Xiaomi, akhirnya secara resmi meluncur di Indonesia. Kehadiran brand yang tengah naik daun itu ditandai dengan dilepasnya ponsel kelas pemula Redmi 1S dengan harga terjangkau, Rp1,5 juta.

Peluncuran Xiaomi dilakukan di Jakarta, Rabu (27/8/2014). Dari Xiaomi, hadir co-founder Bin Lin dan VP Global Division, Hugo Barra. Sebelumnya, Xiaomi sudah hadir tiga negara Asia Tenggara, yakni Singapura sejak Februari, Malaysia pada Mei, Filipina pada Juni dan India pada Juli. 

Produk pertama Xiaomi yang dilepas ke Indonesia adalah ponsel Redmi 1S. Barra yang tampil di depan puluhan wartawan dan blogger awalnya berteka-teki mengenai harga jual 1S sebelumnya akhirnya ia menyebutkan angka Rp1.499.000 sebagai harga jual resmi.

Redmi 1S memiliki spesifikasi antara lain layar 4,7 inci beresolusi HD, prosesor Snapdragon quad core, memori 1GB dan penyimpanan 8GB yang bisa ditambahi kartu memori hingga 32 GB. Untuk mengambil foto, Redmi 1S dilengkapi dengan kamera 8 MP (depan) dan 1,6 MP (belakang). Untuk konektivitas, Redmi 1S dilengkapi dengan dua slot SIM card. Semua fitur itu akan berjalan di atas OS Android Jellybean dengan antarmuka buatan Xiaomi, yakni MIUI v5.

“Redmi 1S mengedepankan kualitas terbaik dan mengutamakan pengalaman pengguna dengan harga terjangkau, kami sangat senang dapat menghadirkan Redmi 1S ke pasar Indonesia,” kata Barra.


Penjualan Redmi 1S akan dilakukan Xiaomi melalui tiga saluran, yakni Erajaya, Trikomsel dan Lazada. Yang disebut terakhir ini hanya menjual melalui toko virtualnya mulai tanggal 4 September mendatang. Mulai Rabu (27/8) petang, peminat Redmi 1S bisa melakukan pemesanan di Lazada.

Untuk pusat servisnya, Xiaomi mengatakan telah membuka 17 tempat servis di 15 kota yang buka setiap hari. Khusus untuk di Jakarta, Xiaomi menyediakan pusat servis eksklusif yang bisa memperbaiki ponsel Xiaomi hanya dalam dua jam.

Xiaomi yang mencuat berkat kemampuannya menyediakan produk dengan harga terjangkau dipastikan menambah semarak pangsa pasar ponsel dengan harga di bawah Rp2 juta. Saat ini, pesaing sepantar Redmi 1S antara lain adalah Samsung Galaxy Fame, LG Optimus L5, Lenovo P770, Nokia X dan Lumia 520.

Di negara asalnya, Xiaomi telah berhasil bertakhta sebagai ponsel terlaris di dua kuartal awal tahun 2014, mengalahkan merk-merk yang lebih mapan seperti Apple atau Samsung. Secara global, Xiaomi (arti harfiahnya adalah ‘beras kecil’) telah menjual 26,1 juta unit ponsel selama dua kuartal pertama tahun 2014.



Xiaomi adalah perusahaan hijau yang baru didirikan oleh delapan orang yang semuanya berlatar belakang insinyur dan desainer pada 6 April 2010. Awalnya, mereka ‘hanya’ membuat antarmuka MIUI. Disukainya MIUI oleh publik membuat Xiaomi pada 2011 memutuskan memproduksi pronsel sendiri yang mereka beri nama Mi1 dengan penjualan 7,9 juta unit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar