Kamis, 28 Agustus 2014

Lupakan Instagram, gunakan PicMix untuk edit dan berbagi foto-foto Anda (TUTORIAL)

Pengguna smartphone di Indonesia hobi melakukan banyak hal di smartphone. Salah satunya adalah memainkan media sosial dan aplikasi pengedit foto. Namun, bagaimana jika Anda menggabungkan kedua hal tersebut? PicMix menjawab pertanyaan Anda. Aplikasi yang dibuat oleh startup asal Jakarta ini memungkinkan Anda untuk melakukan edit foto dan memamerkannya ke teman-teman Anda melalui sebuah platform yang menyerupai Instagram.

Tech in Asia kali ini akan memberi tutorial tentang pengoperasian dasar yang harus Anda kuasai untuk dapat memaksimalkan penggunaan PicMix. Kali ini kami menggunakan versi 6.0 untuk sistem operasi Android. Namun, versi sistem operasi lain mempunyai esensi yang sama sehingga Anda dapat mengaplikasikannya pada versi tersebut.
Baca juga: 28 aplikasi foto mengagumkan di Asia untuk melawan Instagram (UPDATED)

1. Buat akun PicMix Anda

Ini merupakan tahapan awal yang paling mudah. Untuk dapat membuat akun di PicMix, Anda diberi dua pilihan: mendaftar menggunakan alamat email atau menggunakan akun Facebook yang Anda punya. Cara kedua merupakan cara yang paling mudah dan menguntungkan nantinya karena ketika Anda mendaftar menggunakan Facebook, semua teman yang Anda miliki di media sosial hasil karya Mark Zuckerberg tersebut akan muncul sebagai daftar rekomendasi teman yang dapat Anda tambahkan.
Setelah melakukan hal tersebut, PicMix akan memberi sebuah pilihan untuk melengkapi profil Anda. Menariknya, aplikasi ini akan memberi Anda credit sebesar 400 Mix Credit (mata uang di dalam aplikasi PicMix). Credit ini nantinya dapat Anda gunakan untuk membeli frame, filter, dan efek yang dapat digunakan untuk mengedit hasil gambar Anda. Anda dapat mengisi ulang Mix Credit ini dengan melakukan pembayaran melalui beberapa cara seperti SMS yang akan memotong pulsa Anda, membeli PicMix Gift Card, membayar melalui website pembayaran MOL, dan lainnya.
Well, selesai. Anda kini sudah mendapatkan akun PicMix dan dapat dengan segera mengupload foto-foto yang dimiliki. Anda juga dapat mengubah profil kapanpun dengan men-tap ikon tiga garis yang terdapat pada sisi kiri atas dan masuk ke dalam menu “My Profile”.
Baca juga: Ingin edit foto dengan Camera360? Begini caranya (TUTORIAL)

2. Jepret dan edit foto Anda

Ini merupakan bagian yang paling mudah. Untuk mengedit gambar, Anda hanya perlu men-tap ikon kamera berwarna biru yang terdapat di bagian kiri bawah. Ketika Anda melakukan hal tersebut, Anda akan dibawa ke sebuah tampilan pilihan frame, lalu pilih frame yang Anda mau (di sini saya menggunakan fitur Magic Frame). Setelah Anda memilih frame, pilih foto yang ingin Anda edit.
Jika Anda ingin mengambil gambar langsung, pilih dulu sebuah gambar lalu tap gambar tersebut. Akan muncul pilihan “Take Photo” yang dapat Anda gunakan. Ketika Anda memilih “Take Photo”, Anda akan diberi sebuah tampilan viewfinder kamera smartphone Anda.
Setelah Anda selesai memilih gambar, Anda dapat mengubah pengaturan brightness, contrast, atau memutar gambar tersebut 180 derajat melalui menu yang sama ketika Anda ingin mengambil sebuah gambar.
Anda juga dapat menerapkan berbagai macam efek seperti yang terdapat di dalam aplikasi Instagram. Pemilihan efek ini terbagi ke dalam tiga kategori berbeda. Anda dapat memilih antara pilihan All untuk semua jenis efek, Basic untuk efek sederhana, dan Advance untuk efek-efek lanjutan.
Setelah Anda memilih efek yang diinginkan, Anda dapat memasukkan sebuah tulisan ke dalam gambar Anda. Pilih Text Tool, lalu pilih font dan ukuran font yang dikehendaki. Setelahnya, lakukan double tap pada kata “TYPE…” yang muncul. Ubah dengan tulisan yang Anda inginkan.
Jika Anda malas melakukan semua itu, tap ikon magic untuk menerapkan sebuah pengeditan acak yang dapat langsung digunakan.
Anda akan menyadari sebuah tanda watermark yang terdapat di sisi kanan bawah gambar Anda. Untuk dapat menghilangkan tanda ini, Anda dapat menonaktifkan melalui ikon Watermark yang terdapat di sisi kanan bawah layar Anda. Namun, Anda sebelumnya harus membayar menggunakan credit sebesar 5.000 Mix Credit atau dengan menyelesaikan beberapa tugas.
Jika Anda telah selesai dan merasa puas dengan hasil gambar, tap ikon Finish di bagian bawah layar. Anda akan diberi sebuah tampilan untuk men-share hasil karya Anda.

3. Bagikan ke semua media sosial

Di dalam tampilan share, tulis caption yang tepat untuk menjelaskan gambar yang Anda miliki. Jika Anda ingin memberi tag lokasi, tap kolom lokasi yang terdapat di bagian bawah caption. Anda pun dapat masuk ke dalam kontes yang sering diselenggarakan oleh PicMix. Caranya, tap kolom Join A Contest, dan pilih kontes yang tersedia. Kontes-kontes ini merupakan hasil kerja sama PicMix dengan berbagai pihak di Indonesia. Hadiahnya pun sangat menggiurkan, mulai dari goodie bag hingga smartphone.
Jika berbagi dalam satu media sosial saja tidak cukup bagi Anda, bagikan ke lima media sosial lainnya selain PicMix. Ya, untuk melakukan hal tersebut, Anda cukup mendaftarkan akun Facebook, Twitter, Path, KakaoTalk, dan ChatOn Anda lalu mengaktifkan semuanya di dalam layar share ini. Anda juga dapat menetapkan gambar yang Anda ingin share menjadi foto profil Twitter dengan mengaktifkan pengaturan Set As Twitter Profile Picture.
Baca juga: 8 aplikasi Android buatan Indonesia yang perlu Anda coba
Google Play Store: PicMix, gratis
iTunes App Store: PicMix Lite for iOS, gratis
BlackBerry World: PicMix, gratis
Windows Phone Store: PicMix, gratis

(Diedit oleh Lina Noviandari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar