Jumat, 04 April 2014

Jokowi Tak Bisa Melawan Kebijakan PDIP Gunakan Pesawat Pribadi

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pengamat politik dari Universitas Indonesia, Agung Suprio, menilai Jokowi kembali mengingkari apa yang telah dikatakannya yaitu lebih memilih menggunakan pesawat kelas ekonomi saat berkampanye.

Jokowi sempat mengatakan alasannya memilih menggunakan pesawat kelas ekonomi saat kampanye karena dapat dekat dan langsung berbincang dengan rakyat tanpa ada jarak. Namun belakangan, Jokowi memakai pesawat jet pribadi saat berkampanye dari Banjarmasin menuju Malang, Jawa Timur.
"Alasan Jokowi menggunakan pesawat pribadi semata-mata karena ikut partai. Artinya, Jokowi mengalah untuk beralih dari pesawat ekonomi ke pesawat pribadi karena kebijakan partai," kata Agung lewat pesan singkatnya, Jumat (4/4/2014).
Agung menjelaskan peristiwa tersebut sejatinya memproyeksikan betapa nanti ketika Jokowi berkuasa, akan tidak mandiri dan sering mengalah untuk kebijakan partai.
"Sebagian orang mungkin tidak mempermasalahkan ini. Namun bagi saya, hal yang kecil ini adalah cermin untuk melihat interaksi antara Jokowi dan partai dalam hal yang lebih besar termasuk dalam arena kekuasaan," paparnya.
Sebelumnya, Jokowi yang dikonfirmasi mengenai penggunaan pesawat pribadi tersebut, mengaku bahwa dirinya hanya mengikuti partai. Hal tersebut dikatakannya usai acara groundbreaking RSUD Pasar Minggu, Ragunan Jakarta Selatan.
"Pesawat pribadi gimana? Apa saya punya pesawat? Itu partai yang menyediakan, saya hanya ikut saja. Itu partai, partai, partai. Bukan punya saya," kata Jokowi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar