Rabu, 21 Mei 2014

Deklarasi Prabowo-Hatta, Elite PPP Minta Uang ke Partai Gerindra

TRIBUNNEWS.COM, MAKASSAR - Enam partai pengusung dan pendukung calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (62)- Hatta Rajasa (60), Selasa (20/5) siang, menggelar rapat konsolidasi perdana sekaligus deklarasi tim pemenangan  di level Kota Makassar.

Enam partai level tingkat dua itu, (Gerindra, PAN, PPP, PKS, Golkar, dan PBB) itu menamakan diri Koalisi Merah Putih.
Ini adalah hajatan deklarasi koalisi parpol pengusung capres pertama di Sulsel. Acara digelar di Sekretariat DPD Golkar Kota Makassar, Jl Lasinrang No 1, Makassar.
"Kita memang sengaja mendahalui DPD-DPD (level provinsi)," kata Ketua Harian DPD Golkar Kota Makassar Haris Yasin Limpo, sekalu tuan rumah.
Deklarasi ini hanya berselang beberapa jam usai pasangan Prabowo-Hatta mendaftar di KPU Indonesia, Jl Imam Bonjol No 29, Jakarta Pusat.
Usai rapat di lantai I, selaku pengusung utama, elite Partai Gerindra didaulat membuka acara yang digelar dibawa tenda pelataran kantor Partai Beringin kota.
Lalu menyusul "sambutan" dari Sekretaris DPC PAN Makassar, Sangkala Saddiko. Berturut-turut, PPP, PKS, PBB, dan ditutup oleh elite Golkar. "Pak Sekretaris (Farouk M Betta) tak hadir, dia umrah," kata Rafiuddin Kasude, Ketua Golkar Kecamatan (Pincam) Ujungtanah. 
Ada cerita menarik saat elite PPP didaulat memberi sambutan ketiga. Atas nama Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PPP Kota Makassar, di mimbar deklarasi, di depan sekitar 200-an kader dan simpatisan enam partai, Fasruddin Rusli  menanyakan kesiapan talangan dana kampanye  Prabowo-Hatta ke elite Partai Gerindra.
Wakil Ketua DPC PPP Kota Makassar, terang-terangan meminta uang di hadapan Wakil Ketua DPC Partai Gerindra Makassar Amar Busthanul dan Sekretaris DPC Arif Bahagiawan.
"Kita harus bahas memang-mi soal dana di sini, dari awal. Supaya tidak ada lagi persoalan di belakang. Gerindra mestinya persiapkan itu, " ujar Fasruddin.
Mendengar 'seloroh' caleg suara terbanyak Kota Makassar ini, elite  parpol pengusung Prabowo-Hatta sempat terdiam, sebelum mereka menghambur tawa.
Fasruddin mengatakan, Gerindra sebagai partai pengusung utama mestinya mengajak parpol untuk merapatkan dana dan menyiapkan dana tersebut.
Menurutnya, PPP bukanlah partai miskin namun, keuangan kader PPP telah menipis. "Rata-rata teman di sini kan caleg ji, habis (uang sudah habis) miki,"
Fasruddin juga mempertanyakan inisitor deklarasi. "Kenapa harus Golkar yang jadi motor, sedangkan Gerindra itu pengusung utama."
Selain PPP, lima perwakilan parpol pengusung juga ikut memberikan sambutan membahas langkah koalisi. Namun, tak ada yang terang-terangan membuka pembicaraan soal "uang operasional tim pemenangan".
Wakil Ketua Gerindra Makassar, Amar Busthanul yang hadir di acara tersebut enggan memberi tanggapan. Ia tidak mampu menahan ketawanya karena pernyataan kader PPP tersebut.
Menurutnya, perjuangan pemenangan Prabowo-Hatta tidak harus dengan dana tapi dengan pergerakan dan niat tulus. "Ah, bercanda jie itu. Perjuangan itu harus dengan dana," kata Amar.
Dalam kesempatan itu, para elite mengungkap komitmennya memenangkan Prabowo-Hatta.
*Gerindra menyatakan menyiapkan Rumah Aspirasi Probowo-Hatta di Jl Jendral Sudirman, samping Hotel Horison. Sedangkan PPP menyiapkan 50 mobil branding, PKS, Golkar dan PBB akan membentuk jaringan Struktur Pemenangan hingga  ekevel kelurahan dan RT/RW di Kota Makassar.
Selain komitmen, masing-masing partai menegaskan "sanksi" bagi kader pembelot di Pilpres yang dijadwalkan digelar 9 Juli 2014, atau pekan kedua Ramadan.

Secara terpisah, DPW Partai Nasdem Sulsel akan mengumpulkan seluruh Ketua DPD se-Sulsel di Makassar, Jumat (23/5). DPW akan menggelar rapat konsolidasi pemenangan.

"Setelah itu, hari Minggu, seluruh ketua DPD bersama ketua akan dibawa ke Jakarta untuk bertemu Jokowi-JK," kata Ketua Bappilu Partai Nasdem Sulsel, Syamsul Bahri Sirajuddin.
Beda dengan pengurus DPW PKB Sulsel, saat ini masih menunggu petunjuk dari DPP untuk kerja pemenangan Jokowi-JK di Sulsel.
"Masih dibahas struktur pemenangan di Jakarta, baru kami bekerja di Sulsel," ujar Ketua DPW PKB, Azhar Arsyad.
Elite partai pengusung Jokowi-JK di Sulsel belum bertemu secara resmi membahas struktur tim pemenangan di daerah dan rencana kerja dalam 50 hari ke depan. (yud/ham/edi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar