Jumat, 23 Mei 2014

Jadi Menteri Agama, Kekayaan Suryadharma Melonjak

TEMPO.CO, Jakarta - Harta kekayaan Suryadharma Ali melonjak naik setelah menjabat sebagai Menteri Agama. Pada September 2012, empat tahun setelah Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan itu diangkat Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menjadi menteri agama, harta kekayaan Surya tercatat melonjak sampai Rp 7 miliar.

Harta kekayaan itu dilaporkan Surya ke Komisi Pemberantasan Korupsi pada 4 September 2012. Ketika itu, total harta dia mencapai Rp 24 miliar, naik drastis dibanding hartanya pada 2009 yang hanya Rp 17 miliar.
Kekayaan paling besar yang dimiliki Surya berasal dari harta tak bergerak berupa tanah dan bangunan yang nilainya mencapai Rp 19,8 miliar. Dia punya tanah di Jakarta Selatan, Kabupaten Bekasi, Kabupaten Bogor, hingga di Kabupaten Purwakarta.
Surya juga punya giro setara kas senilai Rp 3,6 miliar. Nilai itu melonjak tajam dibanding 2009, yang hanya Rp 666 juta. Bekas Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah itu juga punya pohon buah dan jati senilai Rp 170 juta. Harta senilai Rp 205 juta dia dapatkan dari kepemilikan logam mulia, batu mulia, barang seni dan antik. Meski punya harta hingga Rp 24 miliar, Surya hanya melaporkan punya satu mobil ke KPK, yaitu Honda Jazz keluaran 2011 seharga Rp 190 juta.
Kamis, 22 Mei 2014, Komisi Pemberantasan Korupsi mengumumkan penetapan dia sebagai tersangka kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan haji tahun 2012-2013. Surya disangka menyalahgunakan wewenangnya dan diduga memperkaya diri sendiri atau orang lain atau korporasi.Surya diduga terlibat dalam penyelewengan akomodasi haji dengan total anggaran Rp 1 triliun, berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta dari masyarakat.
MUHAMAD RIZKI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar