Jumat, 11 April 2014

Ini spesifikasi pesawat asing yang nyelonong masuk Medan

MERDEKA.COM. Siang ini, Kamis (10/4), tiba-tiba teritorial udara di sekitar daerah Medan heboh. Ada sebuah pesawat asing yang tiba-tiba nyelonong melintas di di Kota Sibolga, Pulau Sumatera. Kota ini hanya berjarak sekitar 350 kilometer dari Medan.

Ketika pesawat itu mulai terdeteksi, tentu TNI AU tak tinggal diam. Akhirnya pesawat yang hanya berisi satu pilot itu dipaksa turun di Lanud Soewondo Medan. Pesawat latih itu sempat ditempel dan dipaksa turun dengan dua pesawat F-16 milik TNI AU.

Sekitar pukul 13.00 WIB, akhirnya pilot yang belum diketahui identitas dan kewarganegaraannya dibawa masuk ke ruang VIP bandara dengan pengawalan ketat. Sedangkan pesawat berwarna merah itu terus dijaga petugas bandara dan Paskhas TNI.

Lalu sebenarnya pesawat apa yang digunakan pilot asing itu?

Pilot asing itu diketahui menerbangkan pesawat Swearingen SX-300. Pesawat asal Amerika Serikat itu pertama kali dikembangkan oleh Ed Swearingen seorang ahli penerbangan dari San Antonio, Texas sejak tahun 1980. Kemudian pesawat ini mulai perdana diterbangkan pada 1 Juli 1984.

Swearingen SX-300 termasuk pesawat yang mempunyai performa tinggi, namun hanya mempunyai dua kursi saja di dalamnya. Pesawat ini pun mampu menjelajah udara dengan kecepatan 106km/jam (66 mil per jam).

Pesawat ini mempunyai tiga baling-baling. Dengan desain kontemporer kanopi terbuka, konstruksinya juga berada di luar kemampuan rata-rata dari pesawat amatir lainnya. Swearingen SX-300 mempunyai 300 tenaga kuda (220 kW) dengan enam mesin silinder agar mampu terbang secara maksimal di udara.

Sang pilot sudah diketahui sebagai warga negara Swiss usia 65 tahun bernama Hing Pier. Hingga kini pilot itu masih diperiksa intensif oleh TNI.

Sumber: Merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar